30 Desember 2009

Air Hidup (Roh Kudus)


Yoh 4:14 "tetapi orang yang minum air yang akan Kuberikan, tidak akan haus lagi selama-lamanya. Sebab air yang akan Kuberikan itu akan menjadi mata air di dalam dirinya yang memancar keluar dan memberikan kepadanya hidup sejati dan kekal."


Pengwahyuan Tuhan tidak pernah berhenti sampai sekarang. Jika Roh Kudus yg menghidupkan ayat2 yg kita baca, kebenaran2nya sangat mencengangkan, kebenaran yg membebaskan.

Maksud air hidup itu Roh Kudus yg mengalir keluar dari dalam diri kita. Memberi kehidupan (kata2 penghiburan, penguatan, pengajaran, petunjuk dalam berjalan bersama Tuhan, dll).

Jadi jangan cari jauh2, tapi dari dalam diri kita sendiri. Dengar apa Roh Kudus, biasa berbentuk perkataan melintas di benak (biasa berupa ayat), maupun ditanam jauh dalah hati (mendadak kita punya suatu pemahaman).

Ketika kita menghadapi suatu hal, mendadak timbul suatu ayat, lalu ayat itu dikaitkan dengan ayat2 lain. Dari situ mendadak kita dicerahkan mengenai suatu pemahaman.

Bedanya dengan pikiran jiwa kita, sifatnya analistik terstruktur. Kalau ini mendadak muncul, ketika kita sedang sibuk akan hal lain, jadi kita bisa bedakan dari pikiran kita sendiri.

Kalau yg ditanam langsung dalam roh, tak ada suatu kalimat tertentu yg muncul di pikiran, tapi mendadak seperti diwahyukan, tau begitu saja suatu pemahaman.

Ketika kita telah dipenuhi air hidup ini, bisa mengalir keluar, memberi kehidupan bagi orang2 lain juga.

Salah satu cara latihan mendengar: baca suatu ayat mengenai Tuhan, lalu minta Roh Kudus munculkan. Nanti ketika kita sedang sibuk mengenai sesuatu, mendadak ayat ini melintas di pikiran, itu tandanya telah mendengar Roh Kudus bicara.

Tentu hasilnya lebih baik, jika dibantu hidup kudus, dan puasa firman (hanya baca alkitab, tidak baca/ nonton yg lain).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar